Senja Kesembilan: Jalur Bintang

Gambar terkait
(Foto diambil dari astro.cz)


Halo sobat senja! Kali ini kita ingin berbagi dengan teman-teman bahwasanya untuk mencapai andromeda berikut nya kita harus mengikuti jalur yang sudah ditetapkan yaitu jalur bintang! Tidak lain lagi adalah Literasi Media yang membantu kita untuk menjadi lebih kritis dalam menggunakan media yang menjadi sarana bagi kita untuk berbagi pesan berbagi kesan dan apapun itu di media massa, dan yang paling utama adalah untuk memperoleh informasi tentunya, alangkah lebih menyenangkan bukan jika kita tahu mana informasi yang bisa kita percaya dan tidak? nah! maka dari itu ayo kita pelajari bersama-sama mengenai literasi media!

Inggris adalah negara pertama yang tercatat melakukan upaya nyata untuk mengatasi ketangkasasan media massa. Tahun 1960 digalakkan konsep pendidikan agar masyarakatnya melek media massa. Tahun 1980-1990 perkembangan literasi media di Amerika Serikat dan negara Eropa lainnya berkembang sangat pesat. Sampai sekarang ini literasi media dimengerti sebagai kemampuan seseorang untuk menentukan sikap atas pilihan dalam bermedia. Literasi digital ini menjadi sangat penting karena media memiliki peran besar dalam hidup sehari-hari. Efek yang ditimbulkan media massa bisa sampai ranah mengubah perilaku, pemikiran/persepsi seseorang yang melihat, membaca, atau mendengarkan. Apa yang diberitakan media selalu dianggap benar dan penting oleh masyarakat.

Karena kasus tersebut, maka peran literasi digital sangat penting, agar masyarakat melek media massa sehingga masyarakat tidak serta merta menilai suatu peristiwa hanya dari apa yang ditampilkan atau disajikan media. Literasi digital membuat masyarakat dapat mengakses, memilah dan memahami berbagai jenis informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup.

Ada 10 tahapan dalam literasi digital, yang dapat disingkat menjadi 8M + 2B. Mengakses secara teknis ini adalah kemampuan mendapatkan informasi terkait suatu kejadian yang didapatkan dari berbagai sumber. Menyeleksi adalah kemampuan memilah informasi dari sumber yang didapatkan lalu menyeleksi mana informasi yang bermanfaat bagi diri sendiri. Memahami merupakan kemampuan untuk memahami informasi yang sudah diseleksi sebelumnya. Menganalisis yaitu kemampuan untuk mengetahui keuntungan dan kekurangannya informasi yang sudah diseleksi dan dipahami. Memverifikasi yakni kemampuan untuk memverifikasi validitas informasi yang didapatkan. Mengevaluasi adalah kemampuan untuk menyediakan informasi tentang sejauh mana pengolahan informasi telah dicapai. Mendistribusikan merupakan kemampuan untuk membagikan informasi tersebut dengan mempertimbangkan siapa yang akan mengakses informasi tersebut. Memproduksi yaitu kemampuan dalam menyusun informasi baru dari proses-proses sebelumnya dimana informasi tersebut bersifat akurat, dan jelas. Berpartisipasi yakni kemampuan untuk berperan aktif dalam berbagi informasi yang baik dan etis. Berkolaborasi adalah kemampuan untuk berinisiatif dan mendistribusikan informasi yang jujur, akurat, etis bersama pemangku kepentingan lain.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer