Senja Pertama: Tersurat

Senja pertama. Sebelumnya, kami mau mengajak kalian untuk kembali ke tahun 1960 di Amerika Serikat dimana surat kabar pertama diterbitkan oleh seorang tokoh bernama Benjamin Harris, namun karena surat kabar tersebut memuat tentang perselingkuhan antara raja dan istri anaknya, surat kabar tersebut resmi ditutup dan untuk menerbitkan kembali diwajibkan memiliki surat izin kerajaan terlebih dahulu.


Image result for koran zaman dulu
(Foto diambil dari Koleksi Tempo Doeloe)


            Hal tersebut tidak membuat perjalanan surat kabar berhenti, banyak yang mencoba untuk menerbitkan surat kabar kembali sampai pada akhirnya yang bertahan adalah Benjamin Franklin dengan Pennysylvania Gazette yang ia beli pada tahun 1729 dengan pembaruannya yang berupa layout pada surat kabar yang enak dipandang, teks yang mudah dibaca, dan menginovasikan headline, surat kabar ini pun membawanya menjadi salah satu jurnalis terkenal.

            Sekarang, kami mengajak kalian untuk kembali ke era sekarang, situs tirto.id mengadakan riset yang termuat pada artikel berjudul Kelahiran Generazi Z. Kematian Media Cetak. yang menyatakan bahwa generasi Z dengan rentang usia 7 sampai 21 tahun menggunakan surat kabar sebagai sarana dalam memperoleh informasi hanya sebanyak 1,7% sedangkan persentase terbanyak diduduki oleh internet yaitu sebanyak 83,6%, riset yang dilakukan pada Maret-Juni 2017 di pulau Jawa dan Bali ini mampu menyimpulkan bahwa kini internet berada jauh diatas surat kabar dalam penggunaanya.

            Tidak hanya itu saja, rendahnya minat baca di masyarakat Indonesia juga berkontribusi banyak dalam menurun nya angka penggunaan surat kabar, pandangan bahwa kini masyarakat lebih menyukai hal yang instan dan cepat juga sangat berkaitan dengan penggunaan internet yang dianggap lebih praktis daripada menggunaan surat kabar sebagai media pencarian informasi.

            Cukup buruk kondisi perkembangan surat kabar sekarang ini bukan? Padahal surat kabar memiliki beberapa kelebihan tersendiri lho jika dibandingkan dengan media online yang kian mendominasi

            Wawancara yang sempat dilakukan dengan redaktur surat kabar Radar Jogja yaitu Mbak Reren menyatakan bahwa koran memiliki nilai keakuratan lebih jika dibandingkan dengan media online yang kini semakin terisi dengan hoax, bukan berarti bahwa media online akan selalu menyampaikan secara tidak jujur tetapi keakuratatan dari surat kabar akan memberi kepuasan tersendiri terhadap si pembaca karena mendapatkan informasi secara lengkap dan akurat, tidak paradoksikal, redaktur tersebut juga menyatakan ketidak setujuanya dengan perkembangan di masa kini, dimana internet atau lebih tepatnya media online mendominasi, namun ia juga mengatakan bahwa dipastikan media online akan lebih berkembang dan semakim meluas seiring dengan berkembangnya teknologi.

            Strategi tersendiri pun disiapkan oleh tim Radar Jogja untuk menghadapi hal tersebut, juga bisa diartikan sebagai “rintangan” sebuah perkembangan teknologi karena perkembangan ini turut membantu Radar Jogja dalam memperoleh dan mendistribusikan informasi, sehingga bukan kesalahan dari Generasi Z yang cenderung memilih media online ketimbang surat kabar karena memang sudah berganti masa, dan tentu saja mereka akan lebih memilih apa yang lebih menarik ketimbang cara yang dianggap rumit atau kuno, seperti mengakses internet lebih mudah ketimbang harus mencari dan membeli surat kabar dulu baru bisa mendapatkan informasi terbaru.

            Mungkin eksistensi surat kabar akan menurun di masa mendatang, namun tetap ada. Yang diharapkan bukanlah membalikkan mayoritas pengguna internet menjadi pembaca surat kabar dan berhenti mengakses media online sebagai sarana dalam memperoleh informasi namun agar perkembangan surat kabar dapat mengikuti perkembangan teknologi, perkembangan zaman, perkembangan minat, namun tetap mempertahakan kualitas nya.

____

Selain informasi diatas, kami juga menyediakan 20 quizlet! Mengenai teman kita yang tersurat, surat kabar!

1. Pada tahun berapa surat kabar muncul di Amerika? Pada tahun 1690.

2. Siapa James Franklin? Pelopor terbitnya koran The New England Courant dari Boston.

3. Siapa Benjamin Harris? Pelopor surat kabar pertama di Amerika

4. Koran berakar dari bahasa Perancis yaitu courant

5. Surat kabar adalah suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai bidang.


7. Apa yang dimaksud dari balancing news: keseimbangan isi atau bagian dalam berita.

8. Hard news adalah berita yang up to date dan disiarkan secara langsung. Berita itu akan basi apabila tidak segera diberitakan.

9. Sedangkan soft news adalah berita yang bisa diunggah kapan saja. Misalnya berita tentang tempat wisata dan kuliner.

10. Cantrik dalam surat kabar memiliki arti ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

11. Syarat yang harus ada dalam sebuah surat kabar adalah publisistas, periodesitas, universatalitas, dan aktualitas.

12. Maksud dari kata universalitas adalah isi berita umum, luas, dan mencakup semua ruang lingkup.

13. Apa yang menjadi keprihatinan surat kabar? Yaitu generasi Z sekarang ini rendah minat bacanya terhadap koran atau media cetak.

14. Mengapa headlines harus singkat? Karena headlines adalah daya tarik minat baca pembaca dalam bentuk judul. Jika terlalu panjang akan terlihat bertele-tele.

15. Bagian-bagian dalam surat kabar? Judul, pembukaan, isi, fokus, penutupan.

16. Apa perbedaan isi dan fokus? Isi adalah tentu saja konten dari berita yang hendak dipublikasikan, sedangkan fokus adalah yang emmastikan bahwa isi tidak keluar dari jalur pembahasan yang seharusnya.

17. Kelebihan utama surat kabar? Surat kabar lebih mampu menjelaskan hal-hal kompleks dan rigid.

18. Kekurangan fatal surat kabar? Surat kabar tidak bisa menyebarkan langsung berita yang terjadi ke masyarakat dan harus menunggu turun cetak .

19. Apa yang dimaksud dengan surat pembaca? surat yang ditulis oleh pembaca yang kemudian 
dimuat dalam surat kabar/koran, dan tabloid. Biasanya berisi kritikan yang ditujukan pada suatu instansi yang memiliki tujuan untuk kesejahteraan bersama.

20. Bagaimana cara menulis surat pembaca? Judul, nama pengirim, dan isi yang menjadi kritikan.


Gimana, tambah jelas dong pengetahuan sobat senja mengenai surat kabar dari informasi diatas ditambah quizlet yang kita sediakan.

            Tidak berhenti disitu saja, kami juga ingin memberikan informasi tentang perbedaan dan persamaan dari surat kabar di Indonesia dan di Amerika Serikat, berikut lengkapnya!

            Indonesia mengenal surat kabar pada tahun 1744, penjajahan Belanda terhadap nusantara adalah salah satu penyebabnya, dimana Belanda merupakan satu dari sekian belahan Eropa yang pada saat itu mempublikasikan surat kabar terlebih dahulu ketimbang yang lain. Era perkembangan surat kabar di Indonesia juga lebih banyak, ada lima, yakni era Belanda, Jepang, Kemerdekaan, Orde Lama, dan Orde Baru!

            Sedangkan Amerika Serikat mengenal surat kabar pada tahun 1690 dan dikenalkan oleh Benjamin Harris seperti yang sudah kita bahas diatas, era perkembangan surat kabar di Amerika Serikat juga lebih sedikit yakni dua era, era revolusi yang dikontrol oleh pemerintah kolonial dan era baru

Sampai disini perjumpaan kita dengan sobat senja mengenai teman kita yang tersurat, si surat kabar, semoga informasi yang kami bagikan dapat berguna bagi teman-teman dan semakin memperluas wawasan kita!



            Terimakasih dan sampai jumpa di perjumpaan berikutnya!


-----------------------------------------------------------------------------------------

Referensi:

Dominick, Joseph R. 2004. The Dynamics of Mass Communications: Media in the Digital Age. United States: Mc Graw-Hill.

Komentar

Postingan Populer