Kenalan Dulu, Yuk!


Radio, kawan kecil kita yang setia bersua di telinga ternyata ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Marconi tahun 1901. Melalui radiasi elektromagnetik dan modulasi, radio dipercaya untuk mengirim sinyal. Sifatnya massa karena jutaan pasang telinga banyak mendapatkan informasi dari nya.
Image result for first radio marconi
Marconi dan penemuanya yaitu Radio (sumber: wikipedia)

Akar ditemukannya radio berangkat dari penemuan Thomas Alfa Edison yaitu gramofon. Dilanjutkan dengan Helmholtz Hertz dan James Clerk Maxwell yang berhasil menemukan gelombang radio melalui riset mereka mengenai gelombang elektromagnetik. Dalam era peperangan, radio berperan penting sebagai penyedia sumber informasi melalui sandi morse. 

Radio AM (Amplitude Modulation) adalah jenis radio yang menggunakan prinsip kerja modulasi gelombang radio dan audio, sedangkan radio FM (frequency modulation) adalah jenis radio yang memodulasi frekuensi gelombang radio.

Stasiun radio pertama dibangun oleh Reginald Aubrey Fessenden di Amerika Serikat. Saat itu ia menggunakan sistem radio AM untuk stasiun radionya. Sebelum adanya stasiun radio, teknologi radio hanya digunakan untuk telegram wireless. Setelah zaman radio AM dan FM, muncul jenis radio satelit. Radio ini mentransmisikan gelombang radio memakai sinyal digital. Sinyal digital ini berbeda dengan sinyal analog pada radio AM dan FM yang bersifat kontinu. Radio berdefinisi tinggi atau HD merupakan jenis radio digital yang prinsip kerjanya menggabungkan radio analog dan digital. Dengan konsep radio HD ini, stasiun digital dan stasiun analog bisa berbagi frekuensi yang sama dalam satu waktu.

Indonesia memiliki stasiun radio negara bernama RRI atau Radio Republik Indonesia. RRI didirikan di tahun 1945 oleh para tokoh perjuangan yang juga aktif mengembangkan stasiun radio di zaman penjajahan Jepang. Abdulrahman Saleh adalah pemimpin umum RRI yang pertama, namun RRI bukanlah stasiun radio pertama di melainkan BRV atau Bataviase Radio Vereniging di Batavia (Jakarta). Kehadiran stasiun radio ini juga menjadi sejarah kota jakarta. Stasiun ini dibangun pada 1925.

Image result for RRI 1945
Kantor RRI Daerah (sumber: NusantaraNews)

Sekarang memang radio jarang dipergunakan, tapi tidak semua orang. Bagaimanapun radio tetap mengalamami perkembangan seiring zaman.
 _____
Untuk sumber dari informasi diatas kami peroleh dari Effendy, Onong Uchjana. 2003. "Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi"

Komentar

Postingan Populer