Senja Keenam: Semesta Maya

Hasil gambar untuk vintage universe
(Gambar diambil dari hbmshoenua.us)

 Halo sobat senja!


Kalau minggu kemarin kita mengajak kalian untuk berkunjung ke negeri di balik layar kaca, sekarang kita mau ngajak kalian untuk berkunjung ke Semesta Maya, dimana kita bebas berekspresi dan bebas berbagi apapun dengan penghuni lainnya! Tapi apa sih sebetulnya Semesta Maya itu?


Semesta Maya tidak lain lagi adalah Media Sosial! Media sosial tentu sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Popularitas media sosial adalah 75% remaja AS menggunakan media sosial. Seperti hal nya, kita tahu bahwa wanita menggunakan media sosial lebih sering dan intens daripada laki-laki. Media sosial dibagi mejadi 5 dilihat dari tujuannya yaitu proyek kolaborasi misalnya aplikasi grab dan uber yang sudah menajdi satu,  blog dan microblog seperti twitter yang memiliki batas untuk menulis status, dilihat dari konten misalnya youtube, situs jejaring sosial ada facebook, twitter, line, dll, dunia virtual yaitu game online.

Macam-macam media sosial  ada wiser, linkedIn, facebook, friendster, instagram, google+, twitter, dan masih banyak lainnya. Efek dari media sosial antara lain media sosial mengubah cara berpikir tentang hiburan, untuk menarik audiens, telah menjadi komersial contohnya seperti online shop dan bisnis lainnya, media sosial menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pengumpulan berita. Banyak informasi yang bisa didapatkan dari media sosial, karena media sosial pada hakikatnya untuk share information. Namun disayangkan bahwa di media sosial tidak ada penyaring berita sehingga memungkinkan untuk banyak berita palsu dan hoax, karena semua konten yang diunggah ke medua sosial tidak ada yang menyaring.


Gimana sobat senja, seru banget kan Semesta Maya ini, sekarang kita mau pamit dulu nih dan minggu depan kita bakal ketemu lagi kok! Terimakasih sudah mau berkunjung dan menyempatkan diri untuk membaca!


-------------------------------------------------------------------------------------------


Referensi:

Dominick, Joseph R. 2004. The Dynamics of Mass Communications: Media in the Digital Age. United States: Mc Graw-Hill.

Komentar

  1. Makasih info tentang media sosialnya, sangat bermanfaat!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer