Senja Keenam: Semesta Maya
(Gambar diambil dari hbmshoenua.us) |
Halo sobat senja!
Kalau
minggu kemarin kita mengajak kalian untuk berkunjung ke negeri di balik layar
kaca, sekarang kita mau ngajak kalian untuk berkunjung ke Semesta Maya, dimana
kita bebas berekspresi dan bebas berbagi apapun dengan penghuni lainnya! Tapi
apa sih sebetulnya Semesta Maya itu?
Semesta
Maya tidak lain lagi adalah Media Sosial! Media sosial tentu sudah tidak asing
lagi bagi kita semua. Popularitas media sosial adalah 75% remaja AS menggunakan
media sosial. Seperti hal nya, kita tahu bahwa wanita menggunakan media sosial
lebih sering dan intens daripada laki-laki. Media sosial dibagi mejadi 5
dilihat dari tujuannya yaitu proyek kolaborasi misalnya aplikasi grab dan uber
yang sudah menajdi satu, blog dan
microblog seperti twitter yang memiliki batas untuk menulis status, dilihat
dari konten misalnya youtube, situs jejaring sosial ada facebook, twitter, line,
dll, dunia virtual yaitu game online.
Macam-macam
media sosial ada wiser, linkedIn,
facebook, friendster, instagram, google+, twitter, dan masih banyak lainnya.
Efek dari media sosial antara lain media sosial mengubah cara berpikir tentang
hiburan, untuk menarik audiens, telah menjadi komersial contohnya seperti
online shop dan bisnis lainnya, media sosial menjadi bagian yang tak
terpisahkan dari pengumpulan berita. Banyak informasi yang bisa didapatkan dari
media sosial, karena media sosial pada hakikatnya untuk share information. Namun
disayangkan bahwa di media sosial tidak ada penyaring berita sehingga
memungkinkan untuk banyak berita palsu dan hoax, karena semua konten yang
diunggah ke medua sosial tidak ada yang menyaring.
Gimana sobat senja,
seru banget kan Semesta Maya ini, sekarang kita mau pamit dulu nih dan minggu
depan kita bakal ketemu lagi kok! Terimakasih sudah mau berkunjung dan
menyempatkan diri untuk membaca!
-------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------------
Referensi:
Dominick, Joseph R. 2004. The Dynamics of Mass Communications: Media
in the Digital Age. United States: Mc Graw-Hill.
Makasih info tentang media sosialnya, sangat bermanfaat!
BalasHapus