Senja Kelima: Negeri di Balik Layar Kaca


Hasil gambar untuk internet vintage
(Foto diambil dari cultofmac)

 
Halo sobat senja!
Senang bisa bertemu lagi dengan kalian karena di kesempatan kali ini kita tidak kedatangan tamu spesial seperti biasanya, tapi kali ini kita akan berkunjung ke negeri dibalik layar kaca yaitu internet!
Sebelumnya, apa itu internet dan bagaimana sih bisa terbentuknya negeri dibalik layar kaca ini? Simak penjelasan berikut!

Sejarah Internet
            Internet memulai sejarahnya pada tahun 1969 saat Departemen Pertahanan Amerika yaitu U.S. Defense Advanced Research Projects Agency atau yang disebut DARPA memutuskan untuk melakukan suatu riset mengenai bagaimana cara untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga adanya kesinambungan jaringan dari satu komputer dengan komputer lain, nah, program ini tidak lain lagi adalah ARPANET, yang berkat program ini pada tahun 1970 kurang lebih 10 komputer sudah berhasil dihubungkan satu sama lain.
            Tahun 1973 ARPANET dikembangkan ke luar AS. Komputer di University College di London adalah komputer pertama diluar AS yang menjadi anggota dari jaringan ARPANET, tahun yang sama pula dua ahli komputer yaitu Vinton Cerf & Bob Kahn mengemukakan gagasan mereka yang menjadi awal dari pemikiran internet dan di presentasikan pertama kalinya di Universitas Sussex. Setelah 1 tahun berlalu, proposal untuk mengajukan penggabungan beberapa jaringan sejenis Arpanet menjadi satu jaringan dengan sebutan “inter-network” diterbitkan, pada jaringan ini kontrol tidak terpusat dan pengoperasiannya berdasarkan protokol nya sendiri
            Ada pun World Wide Web atau yang biasa dikenal dengan WWW yaitu istilah untuk seluruh bagian internet yang user akses melalui web browser seperti Internet Explorer, Google Chrome, Firefox, ataupun lainnya. Terdiri dari milyaran situs web, halaman-halaman situs web tersebut terdistribusi ke seluruh lapisan dunia menggunakan komputer server yang terhubung dengan internet, fitur hyperlink dalam WWW memudahkan user karena ketika kita mengetikkan alamat web contohnya www.google.com maka teks tersebut secara otomatis akan berubah menjadi berwarna biru serta bergaris bawah yang mana dapat langsung diklik untuk membuka halaman web. Penggunaan hyperlink juga memudahkan situs-situs untuk memiliki banyak pengujung, para pembuat konten tidak jarang menaruh hyperlink dimana pun tempat yang strategis untuk menarik pengunjung.

Lalu bagaimana dengan sejarah dari negeri dibalik layar kaca di nusantara?

Sejarah Internet di Indonesia
Pada awalnya internet di Indonesia adalah sebuah proyek penelitian oleh para peniliti di Universitas Indonesia (UI), dan pada tahun 1983 koneksi internet pertama di Indonesia dilakukan oleh Joseph Luhukay yang mengembangkan jaringan UINet (University of Indonesia Network).
            Tercatat sebagai negara pertama di Asia yang terhubung dengan internet secara global dengan nama UUNet pada tahu  1984, seorang ahli bernama Onno Purbo dicatat sebagai sosok yang berpengaruh dalam pengembangan internet di Indonesia, tahun 1993 ia dan kawannya mengembangkan jaringan komputer melalui frekuensi radio dengan motivasinya yaitu untuk memudahkan komunikasi dengan biaya yang murah tidak seperti jaringan Telkom yang pada saat itu memonopoli pertelekomunikasian di Indonesia.
            Tidak hanya berhenti di situ saja, perkembangan internet berubah menjadi komersil ketika pada tahun 1944 PT Indo Internet atau yang dikenal sebagai Indonet berdiri sebagai sebuah Internet Service Provider (ISP, yaitu lembaga yang menyediakan jasa internet) pertama di Indonesia. Kemunculan Indonet menjadi stimuli bagi ISP lain untuk berdiri seperti PT. Rahardjasa Internet (Radnet) pada tahun 1995, IndosatNet pada tahun 1996, dan Telkomnet pada tahau  1998. Kemunculan ISP lain tersebut tidak menjadikan penggunaan internet tersebar luas sebab hanya dapat diakses oleh kelompok sosial tertentu, tentu saja mereka yang memiliki komputer dan mampu membayar tagihan.
Mem-booming nya warnet pada tahun 1996 menjadi faktor penting dari terserbar luasnya internet sampai saat ini, untungnya oleh karena itu akses internet di Indonesia selalu berkembang.

Apakah internet memiliki struktur? Tentu saja! Berikut penjelasannya!
Struktur Internet
 Nah, selain WWW yang sudah dijelaskan diatas, e-mail juga merupakan bagian dari struktur internet loh sobat senja, kependekan dari Electronic Mail, dengan pengertiannya sebagai surat elektronik atau seringkali disebut sebagai surel, e-mail merupakan satu dari sekian fasilitas internet bagi para user nya untuk berkirim pesan atau konten, dapat juga digunakan dalam aktivasi akun tertentu, gratis, dan berbagai macam e-mail kini dapat digunakan, ragam nya adalah sebagai berikut!
-          Pop Mail atau Post Office Protocol Mail, adalah e-mail yang hanya dapat user terima menggunakan ISP yang digunakan, dapat dibaca secara offline tapi tidak dapat diakses di sembarang tempat, hanya di jaringan rumah/kantor
-          Web Mail atau Web Based Mail, e-mail yang hanya bisa diakses jika kita membuka halaman web penyedia, bisa diakses kapanpun dan dimanapun asalkan kita memiliki koneksi internet
-          Forward Mail, jenis terakhir ini adalah e-mail yang jika masuk pada suatu alamat dapat di teruskan/forward pada alamat yang lain, memudahkan para pengguna yang sering bergonta-ganti alamat e-mail atau pindah akun e-mail
Sobat senja tidak perlu bingung dimana untuk mendapatkan e-mail karena kini banyak situs yang menyediakan jasa e-mail, beberapa contohnya yang populer adalah yahoo mail/ymail dan google mail/gmail.
Kini internet menjadi sebuah lifestyle, dan dengan adanya Penyedia Layanan Online kita dapat memasuki dunia internet!, seringkali disingkat sebagai OSP, OSP menyediakan jasa pelanggan seperti layanan berbayar berupa surat elektronik, akses pada situs web tertentu, akses untuk mengunduh file, ataupun berbagai konten lainnya.
            OSP menjadi revolusioner dalam operasi bisnis karena hampir seluruh perusahaan membutuhkan situs web untuk perusahaan mereka sendiri sehingga OSP meraup keuntungan yang bisa dikatakan banyak, dan terus meningkat.
Perkembangan Internet
Dalam perkembangannya, banyak hal yang terjadi pada internet, seperti fitur broadband dimana user menggunakan dial-up modem untuk mengakses internet, namun hal tersebut kurang efektif karena modem tidak dapat dibawa kemana-mana dan kecepatannya lambat, dan berkembanglah menjadi the wireless web atau yang disebut wi-fi, wi-fi cepat berkembang karena penggunaanya mudah, banyak fasilitas umum yang menyediakannya dan kecepatannya pun jauh lebih tinggi daripada modem. Dari kecepatan yang mulai meningkat dan wireless web yang semakin menyebar inilah muncul nya fitur bernama streaming video dimana orang-orang dapat menonton acara televisi maupun video lain didalam internet, pada awalnya fitur ini tidak terdapat iklan didalamnya namun karena perkembangan dunia komersil kini streaming video banyak yang menayangkan iklan didalamnya. Lalu berkembanglah menjadi microcasting, yaitu fitur streaming video dari sebuah event yang mempermudah orang yang tidak bisa hadir untuk tetap dapat mengikuti acara tersebut, seperti konser-konser artis ternama, seminar, maupun acara sekolah seperti camping dimana orang tua tidak dapat mendampingi anaknya namun mereka tetap dapat memantau melalui microcasting.

Dalam perkembangannya, internet juga mempengaruhi dunia ekonomi loh sobat senja

Pengaruhnya dalam Dunia Ekonomi
            Pada masa periode baru awal 2001, 40% perusahaan internet mengalami kerugian yang amat banyak, namun pada tahun 2002 40% perusahaan terbuka yang menjadi pelanggan internet mendapatkan keuntungan melalui eBay dan Expedia yang mereka sediakan, lalu ada pula kemunculan E-commerce, yaitu jual beli barang dan jasa melalui internet, ada e-commerce yang perusahaanya menjual barang/jasa ke konsumen dan ada perusahaan yang menjual produknya ke perusahaan lain, keuntungan yang diraup cukup banyak yaitu mencapai $500 milyar dari hasil penjualan. Yang terakhir adalah ekonomi situs, dimana para pembuat konten berlomba-lomba membuat konten yang menarik untuk menarik konsumen agar mau membayar ketika melihatnya seperti CNN yang meminta bayaran kepada konsumen jika mau melihat video streamingnya atau disebut dengan jasa subscription.

Umpan Balik yang diterima internet sangatlah besar, perusahaan-perusahaan ternama seperti Microsoft, AOL, Yahoo!, Google, dan eBay memiliki jumlah pengunjung terbesar diantara yang lain, penggunanya pun berkembang dengan cepat.

Dalam implikasi sosial nya, kurangnya penyortir informasi, information overload, masalah privasi dimana data pribadi kita tersebar luas dan ada risiko untuk digunakan dalam hal yang tidak baik, dan escapism dan isolasi dimana para pengguna cenderung menggunakan internet sebagai pelarian dari dunia nyata adalah masalah-masalah yang harus dihadapi sampai saat ini.

Pada kedepannya, internet dipastikan akan terus maju dan berkembang karena kini nyatanya internet semakin banyak digunakan dalam berbagai bidang, mulai dari sebagai sumber informasi, membantu dalam bidang edukasi, hiburan, dan masih banyak lagi.

Gimana sobat senja, keren banget kan negeri di balik layar kaca ini, kalian pun sekarang sedang mengunjungi nya loh ketika membaca artikel ini, hehe.

Nah, sekian perjumpaan kita kali ini, jangan lupa untuk bagikan postingan ini ke teman-teman kalian ya agar mereka tahu juga bahwa negeri dibalik layar kaca ini keren banget, sampai jumpa sobat senja!

------------------------------------------------------------------------------------------


Referensi:

Dominick, Joseph R. 2004. The Dynamics of Mass Communications: Media in the Digital Age. United States: Mc Graw-Hill.

Komentar

Postingan Populer